Category Archives: Uncategorized

Paradox

Mihaly’s 10 Paradox of Creative People:

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

Sepakat sih ama yg ini, orang kreatif menurut gw bisa quiet bs jg hyperactive, quiet kalo lagi mikir ato lg mau nemuin ide, trus hyperactive with high energy like an Energizer bunny kalo abis EUREKAA! (nemuin ide) trus lg semangat2nya nyoba2in idenya itu

2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.
Kurang setuju sih, kalo menurut gue, orang kreatif itu saking kreatifnya trus punya pola pikir yg beda bgt dan bisa dilihat orang yg kebanyakan sebagai sikap yg naive.

3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.
Ini gw setuju banget, orang kreatif itu menurut gw hidupnya balance, seimbang, bisa serius bisa santai, bisa maen2 tapi bisa disiplin. Bahkan gw setuju kalo hidup yg seimbang itu kadang membutuhkan irresponsibility, biar ada warnanya ni hidup, jgn hidup serius2 bgt lah, life is easy.

4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality.
Imaginasi dan fantasi, 2 unsur yg menjadi dasarnya banget sebuah ide kreatif. Orang yg kreatif akan dengan mudah mengimajinasikan sesuatu atau berfantasi tentang sebuah penemuan yg brillian, tapi tentunya dalam proses imajinasi dan fantasi ini, tetap harus dibatasi dengan sense of reality, kalo gak, ya ngelantur ke hal2 yg bener2 mustahil dong jadinya.

5. Creative people trend to be both extroverted and introverted.
Seperti yg gw bilang td, gw menanggap hidup yg kreatif adalah hidup yg balance, termasuk dalam hal extrovert dan introvert ini, org kreatif mnrt gw bisa berganti2 mode dari introvert trus ke extrovert dan sebaliknya tergantung situasinya aja.

6. Creative people are humble and proud at the same time.
Menurut gw humble and proud at the same time ini bukan buat orang kreatif, tapi buat semua orang sukses (org kreatif juga termasuk disini). Humble yg berarti gak nyombongin diri tapi sebenernya ni orang hebat isinya, dia tau bahwa dia kreatif dan hebat, dan dia bangga akan dirinya sendiri. Klo Cuma membangga-banggakan diri sendiri sih orang bacot gak punya otak namanya, hahaha

7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.
Orang kreatif see things in different ways, mereka gak terpaku ama stereotype yg menjebak otak kebanyakan orang, mereka punya pikiran yg bebas tanpa rules, dan intinya, mereka menguasai pikiran mereka sendiri.

8. Creative people are both rebellious and conservative.
Kalo dibilang rebellious mungkin karena orang kreatif berpikir tanpa batas, tanpa diganggu pola pikir masyarakat, sehingga mereka kadang terlihat rebellious. Tp mereka harus tetep punya sisi konservatif dong, biar gak dibilang orang sakit jiwa, hahaha

9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.
Ini juga menurut gue lebih tepat diberikan pada orang sukses. Orang sukses pasti cinta apa yg mereka kerjakan, makanya mereka bisa sukses dalam hal itu, tapi mereka juga harus objective dong, kalo misalnya hal tersebut udah mulai gak bener ato mulai merugikan orang lain, disini dibutuhkan keobjektifan untuk berpikir jernih and see the big picture.

10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.
Menjadi orang yg bener2 kreatif tingkat dewa pasti butuh pengorbanan lah, dari mulai penolakan2 terhadap ide yg menjungkirbalikkan pola pikir orang kebanyakan ampe mungkin bisa dituduh gila. Tapi kalo semua ujung2nya sukses, mereka pasti menikmati menjalani proses yg berat ini. No pain no gain.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

iBlow + iStalker

yak gw baru aja nemuin video ttg aplikasi iPhone yg lece, seperti lo tau aplikasi2 iPhone sering nyeleneh2, nah ini salah satunya

Leave a comment

Filed under Uncategorized

DoucheBag?

Sering bgt gak denger kata “douche bag!” di film2, klo di film2 sih ini maksudnya bahasa slanglishnya bajingan ato brengsek gtu2 deh. Nah kalo motherf*cker kn jelas artinya jelek dan slanglishnya digunain bwt orang bajingan, tapi kenapa douche bag jd slanglish buat bajingan jg ?

Akhirnya gw cari di google, trus nemu ini dari wikipedia:

“Douche usually refers to vaginal irrigation, the rinsing of the vagina, but it can also refer to the rinsing of any body cavity. A douche bag is a piece of equipment for douching—a bag for holding the fluid used in douching. To avoid transferring intestinal bacteria into the vagina, the same bag must not be used for a vaginal douche and an enema.”

ni dia nih si douche bag

hmmm..silahkan dipikirin sendiri

(maap gak pake sensor, bodo ah)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Judge by It’s Packaging

terinspirasi dari post gw yg ttg Ideo, gw inget pernah nemu gambar ini somewhere in the internet

kiwi konsep packaging yg gila menurut gw, kapan ya packaging2 gila gini ada di Endonesa ?

Leave a comment

Filed under Uncategorized

I D E O

Oke sekarang adalah tugas buat nilai UUUU TEEEE ESSS.

Jadi untuk nilai uts gw harus ngepost ttg sebuah perusahaan yg berjudul Ideo dimana Ideo ini adalah perusahan yg nerima order2 bwt ngedesign dari perusahaan laen. Contoh paling gampang sih Apple, produk2 Apple yg inovatif itu banyak hasil karya Ideo. Mouse pertama Apple juga hasil dari mesen di Ideo. Selaen Apple, Ideo jg punya beberapa client yg gak kalah gede macam PepsiCo, Procter and Gamble (P&G) dan Microsoft. Gokil ya ternyata Ideo ini, gw aja baru denger namanya pas Pak Agus ngomong di kelas. Ibarat kata si Ideo ini juga salah satu tokoh dibelakang layar dari suksesnya si client2nya laah.

Oke, dibalik sebuah perusahaan gokil macam Ideo, pasti ada company culture yg gak kalah gokil, yaitu Ideo Way. Ini semacam Toyota Way gitu kali ya, tp versinya si Ideo. Jadi si Ideo Way itu terdiri dari 5 steps, yaitu:

1. Observation
Observasi diawal sebuah project itu udah lumrah kali ya, tp apa yg bikin si observasi Ideo ini beda adalah tim observasi mereka beneran turun ke lapangan. Mereka mengobservasi keramaian sesuai dengan project yg aka dijalanin dan ngeliatin apa yg dilakuin orang, gimana mereka make hape, gimana mereka saat lg di subway pokonya pengamatan secara detail. Terus mereka juga melakukan interview mendalam, kaya ngajak ngobrol gitu ttg experience orang2 saat make suatu produk

2. Brainstorming
Setelah observasi, tim akan melakukan sesi brainstorming yang dibatesin cuma boleh paling lama 1 jam. Jadi sesi ini bener2 intense dan padat akan ide2. Rules bener2 ditegakkan, gak boleh lebih dari sejam, gak boleh ada kata “tapi” (cuma boleh “dan”). Ide yang muncul ntar bakal ditulis gede2 di notes trus ditempel di board gitu. Gokilnya, dalam 1 jam brainstorming ini, bisa dihasilkan lebih dari 100 ide!!

3. Prototyping
Sesi ini gunanya buat ngevisualize ide2 mereka tadi, biar lebih kliatan bentuknya terus pengambilan keputusan ttg design seperti apa yg bakal mereka bikin juga lebih cepet. Mereka bakal bikin banyak prorotype bahkan kadang movies dengan berbagai macam cara make design mereka juga. Dengan gini diharapkan bakal muncul design yg mewakili keinginan customernya.

4. Refining
Tahap selanjutnya ini bakal melibatkan eliminasi sehingga tinggal beberapa option terbaik doang yg tersisa. Ditahap ini juga bakal muncul keputusan ttg design seperti apa yg bakal mereka buat. Diujung sesi bakal ada semacam voting gtu kali ya, ntar design yg paling banyak dipilih oleh top-level executives yg bakal mereka bikin.

5. Implementation
Setelah ketauan design seperti apa yg bakal mereka bikin, sekarang saatnya Ideo mengerahkan semua resources yg mereka punya. Ideo punya SDM di lebih dari 40 negara buat ngelakuin ini. Pegawai2 mereka ini bukan orang sembarangan, melainkan orang2 dengan skill yg gokil dibidangnya masing2. Mulai dari engineer ampe biomedical experts, mulai dari fashion and automotive designer ampe sociologist, mulai dari experts in statistics ampe zoologist!!!

Hmmm, coba deh perhatiin, 4 dari 5 steps diatas tuh semuanya ttg bagaimana ngeluarin ide dari otak trus ngevisualin trus nentuin. Step terakhir doang yg berhubungan dengan resources Ideo dan pembuatan produknya. Jadi kalo menurut gw, kenapa dalam mengambil keputusan harus ngelewatin 4 biji steps tuh karena Ideo sangat mentingin consumer experience. Mereka berusaha menggali lebih dalam biar consumer mereka bener2 nyaman make barang2 hasil design-an Ideo. Gokil!

Leave a comment

Filed under Uncategorized

..and The Most Innovative Award goes to..

Yak untuk most innovative thing category bakal gw bagi jadi 3; in my car, in my room ama in my life

…in my car!

IMG00207-20091017-1332

Power converter a.k.a charger mobil.Bayangin lo lagi nyetir sendiri siang2 di bandung dimana semua stasiun radio lg nyiarin program berita yg gk menarik terus diluar lg panas bgt ditambah mobil2 yg ugal2an salip sana salip sini dan batre iPod lo abis! Ini neraka bgt.
Atau lo orang bandung lg nyetir ke jakarta sendiri nekat aja bermodal GPS dari BlackBerry trus ditengah2 kerasnya ibukota tb2 BlackBerry lo abis batre. Ini lebih neraka lagi
Jadi udah jelas lahh benda kecil ini sangat berguna bwt gw ngecas segala macem gadget yg bs di cas pake port USB ato bahkan Firewire (bs ngecas digicam ato handycam).

…in my room!

IMG00208-20091017-2235

Roll2an kabel, oke gw gk tau bahasa kerennya benda ini. Tapi yg pasti benda ini sangat inovatif menurut gw. Dia bisa bikin sumber listrik yg tadinya cuma nempel ditembok bisa jadi deket ama lo. Terus juga memperbanyak sumber listrik dikamar gue yg cm disediain 2 power outlet ama yg punya kosan. Jadi semua benda2 listrik jadi bs nyala (misalnya ngecas hape sambil ngejain tugas pake laptop trus nyalain TV buat refreshing)

…my life!

Electricity

Ya dari 2 award sebelumnya udah kliatan lah kalo the most innovatif thing in my life is ELECTRICITY. Ini penemuan yang gak bakal ada tandingannya menurut gue, penemuan ini tuh mengubah dunia! banyangin aja dunia ini tanpa listrik, sumber cahaya pake api, sumber suara pake tereak2, susah banget mw idup juga. God bless Edison!
Listrik juga yg bikin global warming, power plant2 segede gaban yg dibutuhin bwt nyalain listrik dunia ini makin ancur. Jadi kalo ada the most innovative thing in the future, bakal gw kasih bwt orang yg nemuin gimana caranya ngereverse what we’ve done to our mother earth, ato buat orang yg bisa ngilangin kecanduan manusia terhadap listrik. I bet it won’t happen in the next 50 years, haha.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Radhiyan

Iya gw tau, udah ribuan orang nanyain “Radhiyan doang?”, emang nama gue cm 1 kata, trus kenapa ? Gw gk tw deh alesannya kenapa, mungkin bokap gue emang mw bikin semacam klan isinya org2 yang namanya 1 kata (nama bokap gue Irwansyah, doang).

Oke sekarang masuk ke tugas (Zzzzzz), makna nama gue. Jujur aja gw belom pernah nanya arti nama gue ke orang tua gue karena menurut gue gak peting juga, yg gw tau sih asalnya dari bahasa arab. Akhirnya setelah muter2 di google, nemu juga ternyata nama gue ada di Al Quran surat Al Fajr ayat 28. Oia, yg ada di Al Quran tuh “radhiyatan” yg artinya diridhoi atau disenangi. Nah klo halalan berarti dihalalkan, maka radhiyan berarti ridho atau senang, agak maksa mungkin translatenya, hahaha.

Pokoknya setelah gue telaah, arti nama gue tuh ridho alias senang alias happy (udah kaya teroris banyak alias2an). Dan kalo gw pikir2 lagi, nama gue merefleksikan hidup gue. Hidup gue emang seneng2 aja isinya dan gw mau hidup gue kaya gini terus ampe mati, hahahaha, amin. Selaen itu juga mungkin orang tua gue berharap gue bakal jd orang yg bs  nyenengin keluarga atau orang2 terdekat gue.

Leave a comment

Filed under Uncategorized